Resep Fish Fingers yang Renyah Gurih Buat Buka Puasa

Ikan goreng berbalut tepung renyah ini enak dimakan dengan cocolan mayo atau saya sambal. Bisa dibikin dengan cara praktis ini.

Untuk membuat sajian ikan ini diperlukan fillet ikan kakap, ikan dori atau ikan tenggiri. Buang kulit dan duri serta tulangnya. Potong dalam ukuran sama 5x3x1 cm.

Selanjutnya ikuti tahapan pembuatannya berikut ini.

1. Fillet ikan dan bumbu

iStock

Siapkan 500 g fillet ikan kakap atau dori. Cuci bersih dan tiriskan. Kemudian potong-potong ukuran 5x3x1 cm. 

Lumuri fillet ikan dengan 2 siung bawang putih yang diparut halus, 1/2 sdt merica bubuk dan 1 sdt garam. Aduk-aduk hingga rata. Diamkan selama 30 menit.

2. Tepung bumbu 

iStock

Siapkan 150 g tepung terigu, 2 sdm tepung beras, 1 sdt merica bubuk, 1 sdt bawang putih bubuk, 1 sdt cabai bubuk dan 2 sdt garam. Campur semua bahan menjadi satu hingga rata.

3. Lapisi ikan

iStock

Kocok 2 putih telur dan kocok hingga berbuih dan encer. Celupkan tiap potongan ikan dalam putih telur. Kemudian gulingkan dalam tepung bumbu sambil remas dan tekan hingga melapisi ikan secara merata. Diamkan beberapa saat hingga agak kering.

4. Goreng ikan 

www.thetimes.co.uk

Panaskan minyak banyak dalam panci atau wajan cekung di atas api sedang. Goreng potongan ikan yang sudah dibalut tepung hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

Goreng bertahap dan jangan sekaligus dimasukkan dalam wajan agar ikan bisa matang merata dan kering. Sajikan hangat dengan saya cabai dan mayonnaise.

Sumber : food.detik.com

Share this post with your friends

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on telegram
Share on whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *