Menghafal Al-Quran Lebih Menyenangkan Dengan Game Ini

Bulan Ramadhan merupakan bulan Al-Qur’an, di mana Al-Qur’an turun dengan sucinya dari langit melalui perantara Malaikat Jibril hingga sampai ke baginda kita, Nabi Muhammad SAW.

Aktivitas Ramadhan rasanya terasa hambar apabila tidak melaksanakan kegiatan rohani lebih banyak dibanding di luar Ramadhan seperti membaca ataupun menghapal Al-Qur’an, mengikuti kajian-kajian Islami, dan sebagainya.

Karena itulah, alasan muncul game yang mewajibkan pemain untuk menghafal Al-Qur’an dengan nama Hafalan Quran. Game buatan Tim Anak Saleh ini. Game ini di desain untuk memudahkan orang-orang untuk menghapal Al-Qur’an. Game ini sukses membuat warga Indonesia antusias mendengar game religius ini.

Game ini dibuat tepat sebelum bulan Ramadhan dan hingga saat ini sudah 100 ribu lebih pengguna pernah menggunakan game ini. Dengan menggunakan mesin Unity3DAndroid mereka yakin dapat membantu orang-orang agar dapat menghafal Al-Qur’an dengan mudah.

UI/UX (Menu)

mediaformasi.com

Pertama kali melihat tampilan menu. Dengan tema materialis dan fiksi yang digunakan dalam komposisi UI/UX game ini, secara langsung dapat membuat anak-anak menjadi semangat karena tema tersebut menggambarkan semangat dan petualangan.

mediaformasi.com

Untuk konfigurasi dalam game ini lumayan simple.

mediaformasi.com

Untuk pemilihan level/surat, game ini menyediakan Scroll tepat di sebelah kanan daftar surat sehingga memudahkan pemain untuk menavigasi surat apa saja yang sudah/belum dihafal.

Mode Membaca

mediaformasi.com

Dalam game ini memiliki mode membaca dimana pemain tidak perlu menghafal karena mode tersebut berfungsi seperti Al-Qur’an pada umumnya. Jadi, dengan game ini pemain juga dapat membaca Al-Qur’an dikala senggang.

Tips: Gunakan fitur ini sebelum terjun dalam mode Menghafal. Ibaratnya sebelum hafalan anda dites dalam game ini, pemain menghafal seperti biasanya

Mode Menghafal

Ini adalah fitur kunci di dalam game ini.

mediaformasi.com
mediaformasi.com
mediaformasi.com

Dalam mode ini, tugas anda untuk mencocokkan potongan kalimat dalam setiap ayat dari surah yang bisa dipilih. Terdapat sistem Life Point yang fungsinya seperti Life Point pada umumnya, apabila pemain menjawab potongan kalimat yang salah, maka Life Point tersebut berkurang sebanyak satu poin. Tapi tenang, apabila pemain melewati ayat baru, Life Point akan kembali semula lagi.

Sistem penilaian juga terdapat di dalam game ini. Sistem penilaian dalam game ini berbentuk bintang. Apabila kalian menjawab semua potongan kalimat dengan benar, maka pemain akan mendapatkan total 6 bintang di ayat tersebut.

Sumber : mediaformasi.com

Share this post with your friends

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on telegram
Share on whatsapp

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *