Saat Mengisi Bahan Bakar di SPBU, Perhatikan Hal ini!

Bahan bakar minyak memang sangat dibutuhkan oleh kendaraan, entah itu mobil, truk angkutan barang, hingga sepeda motor. Tanpa adanya bahan bakar tentu kendaraan tidak akan bisa dikendarai dan digunakan untuk bepergian. Meskipun demikian, saat Anda mengisi bahan bakar ini di SPBU, alangkah baiknya selalu berhati-hati dan jangan sampai melakukan kesalahan. Karena yang namanya bahan bakar pasti bisa terbakar dan meledak jika ada pemicunya, bukan?

joss.co.id

Untuk itu, saat mengisi bahan bakar di SPBU, pastikan Anda tidak melakukan kebiasaan buruk berikut ini, check it out:

  1. Menyalakan kendaraan saat mengisi bahan bakar. Anda pernah menyalakan kendaraan ketika mengisi bahan bakar di SPBU? Kalau pernah, maka hentikanlah kebiasaan tersebut karena selain tidak baik untuk kendaraan tetap menyalakan kendaraan dapat memicu kebakaran. Kalau kendaraan terbakar dan mengenai tangki SPBU tentu nantinya akan memunculkan kebakaran hebat, bukan? Oleh karena itu, pastikan untuk tidak menyalakan kendaraan saat mengisi bahan bakar minyak di SPBU.
  2. Merokok ketika di SPBU. Entah karena lupa atau memang tidak mau rugi, terkadang banyak di antara kita yang lupa mematikan rokok padahal sudah jelas-jelas berada di SPBU. Melakukan ini tentu sangat tidak diperbolehkan karena dapat memicu kebakaran. Di mana, satu percikan api saja maka dapat memicu kebakaran yang mungkin bisa Anda sesali nanti. So, jangan lupa untuk mematikan rokok ketika di SPBU dan tidak merokok.
  3. Memainkan gadget ketika mengisi bahan bakar. Bermain gadget dikala sepi maupun sedang santai memang mengasyikkan, namun tidak demikian halnya saat berada di SPBU. Jika Anda memainkan gadget saat berada di SPBU, tentu nanti malah dapat menimbulkan kebakaran. Karena itu, jangan sampai memainkannya, ya!
  4. Melakukan pengisian bensin hingga terisi penuh. Pastikan, untuk tidak mengisi bahan bakar sampai penuh atau tumpah-tumpah. Lantaran, bensin yang tumpah itu apabila mengenai komponen mesin lainnya bisa memicu kebakaran. Apalagi, komponen mesin cepat menghantarkan panas, tentu ini akan sangat mudah sekali terbakar.

sumber : www.dboenes.com

Share this post with your friends

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on telegram
Share on whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *