Masya allah, inilah masjid istiqlal di Bosnia

Selama ini, mungkin traveler mengenal Masjid Istiqlal di Jakarta saja. Ternyata di Bosnia juga ada lho!

Masjid di kota Sarajevo ini dihadiahkan Presiden Soeharto untuk Bosnia-Heregovina yang saat itu dilanda perang berkepanjangan. Meski demikian, pembangunan masjid Istiqlal Sarajevo sempat terhenti seiring lengsernya Soeharto dari jabatan presiden. Masjid itu baru bisa diresmikan oleh Presiden Megawati pada tahun 2001M

Beberapa waktu lalu, saya mengunjungi kota Sarajevo, ibukota negara Bosnia Herzegovina. Salah satu tujuan utama warga Indonesia ke kota ini adalah  Masjid Istiqlal, pemberian pemerintah Indonesia kepada Bosnia pada dekade 1990-an. Nama itu dipilih karena menyesuaikan dengan nama masjid besar di Jakarta. Istiqlal sendiri mengandung arti kemerdekaan.

upload.wikimedia.org

Mungkin sewaktu menghadiahkan masjid tersebut bagi rakyat Bosnia, Presiden Soeharto mendoakan negara Balkan tersebut segera terbebas dari perang berkepanjangan. Meski demikian, pembangunan masjid Istiqlal Sarajevo sempat terhenti seiring lengsernya Soeharto dari jabatan presiden. Masjid itu baru bisa diresmikan oleh Presiden Megawati pada tahun 2001.

Sumber : travel.detik.com

Share this post with your friends

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on print

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

Apa yang anda tunggu?

Kunjungi
Portfolio kami

Apa yang anda tunggu?

Kita bicarakan
pekerjaan