3 Cara Mempercepat Windows 10 yang Lamban

Merasa PC atau laptop Window 10 kamu beroperasi dengan lambat atau nge-lag? Tenang, karena bukan hanya kamu saja yang mengalami masalah tersebut.

Spesifikasi dan versi perangkat lama merupakan salah satu penyebab masalah yang kamu alami. Selain itu, beberapa hal seperti bloatware dan program yang terinstal di PC atau laptop juga dapat menjadi penyebabnya.

Yuk, lansung aja inilah tips untuk mengatasi performa Windows kamu yang menurun

1. Matikan program yang tak diinginkan

Image result for startup windows 10

Salah satu alasan kenapa PC Windows 10 terasa lelet dikarenakan telalu banyak program yang berjalan di background. Biasanya, program-program tersebut jarang dan tidak pernah kamu gunakan sama sekali.

Kamu bisa buka Task Manager (Ctrl+Shift+Esc). Klik More Details untuk mengakses Task Manager lebih lengkap. Untuk mematikan program yang berjalan di background, pilih Startup.

Kamu akan melihat berbagai program dan layanan yang bekerja ketika kamu membuka Windows. Untuk ‘mematikan’ program atau layanan yang berjalan saat startup, klik kanan dan pilih “Disable.”

Jangan khawatir karena ini tidak ‘mematikan’ aplikasi tersebut secara penuh, karena program ini hanya berhenti bekerja setiap kali kamu menyalakan PC atau laptop kembali.

Bagi kamu yang tak yakin apakah program tersebut penting atau tidak, kamu bisa melihat informasi lebih lengkap program tersebut dengan meng-klik kanan dan pilih Properties

2. Mempercepat prosesor

Image result for high performance windows 10

Windows memiliki tiga pengaturan standar untuk pengaturan daya prosesor, yaitu Balanced, High Performance, dan Power Saver. Jika kamu menggunakan Power Saver di Windows 10, maka hal ini dapat memperlambat PC. Mengubahnya dari Power Saver menjadi High Performance atau Balance justru dapat membuat Windows menjadi lebih cepat.

Untuk mengubahnya, masuklah ke Control Panel, lalu pilih Hardware and Sound dan klik Power Options. Kamu nantinya akan melihat dua pilihan, yaitu Balanced (recommended) dan Power Saver. Untuk melihat setting High Performance, klik tanda panah Show Additional Plans.

3. Berantas bloatware

Image result for bloatware

Terkadang faktor terbesar yang memperlambat kinerja PC bukanlah Windows 10, melainkan bloatware atau adware yang terinstal dalam PC. Selain membuat performa PC menjadi lemot, hardisk juga menjadi penuh karena penuh dengan aplikasi yang tidak diinginkan. Untungnya, kamu bisa uninstall program secara manual dengan cara  klik kanan dari menu Start, pilih Control Panel. Kemudian klik Program dan klik Uninstall A Program.

Cara lainnya, kamu bisa membersihkan adware atau bloatware menggunakan tool seperti Norton Security atau McAfee LiveSafe, atau memakai aplikasi anti-malware bawaan dari Windows 10 yang terbukti sangat ampuh memberantas adware atau bloatwareSoftware tersebut secara otomatis akan menampilkan daftar aplikasi yang menganggu dan kamu bisa pilih mana yang ingin di-uninstall.

Share this post with your friends

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on print

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

Apa yang anda tunggu?

Kunjungi
Portfolio kami

Apa yang anda tunggu?

Kita bicarakan
pekerjaan